Monday, June 8, 2015

Homemade matcha ice cream

Bismillaah...

Rinduuu menulis aktifitas mengelola rumah bersama anak2. Saat Tifa masih belum punya adek dulu, sy rajin mendokumentasikan aktifitas kesehariannya, aktifitas yg biasa kami lakukan berdua. Entah itu fokus menemaninya belajar hal2 spesifik atau sekedar bantu2 ummi memasak di dapur. Begitu adiknya lahir, agak kesulitan mengatur waktu untuk menciptakan momen tenang seperti saat masih berdua dulu (yaelahh..baru juga anak dua. wkwkwk). Yaaa..butuh waktu lama untuk mengatur ritme, menyesuaikan dengan keseruan baru di rumah, adik yang terlahir we o weeee dan butuh perhatian lebih di dua tahun pertamanya. xixixi

Alhamdulillaah..Semakin besar si adek, makin berkurang frekuensi nangisnya dan sudah bisa ditinggal main sendiri kl ummi repot, makin bisa menikmati waktunya untuk bermain dengan si kakak. Si kakak pun makin kalem, makin mengerti pola umminya, makin belajar bagaimana menyayangi adek dengan cara yg benar. Saat mereka bersama, rameeee..berantem iya, kadang saling pukul, ketawa cekikikan iya, ngakak sambil salto2 juga iya. Owh, tapi ummi sudah makin terlatih mengatasi mereka. hahah. eh, kadang masih ngomel2 sih :D kadang marah2 juga, kalo sudah begitu, anak wedok biasanya kisyut, kaget  dan takut liat umminya marah, biasanya nyamperin, trus minta maaf, minta peluk lalu tanya kenapa ummi kok marah2 aja? trus suatu ketika ngasi tau, kalo ummi marah bilang aja "Laa taghdhob..laa taghdhob..laa taghdob" (hahaha..haduuuhh) maafkan ummi ya nduukk. Adeknya beda lagi, kalo liat umminya marah, sambil nangis cuma bilang "mau peluk..mau peluk..mau peluuuukk" udah nempel mah udah aja, diem trus nyium. wkwkwk. Maa syaa Allaah
Akhir2 ini tiba pula saatnya si adek bisa dilibatkan secara terarah untu menghasilkan sesuatu yg bermanfaat. Saat biasanya hanya minta gendong saat berjalan2, kali ini lebih memilih berjalan sendiri. Saat biasanya hanya rusuh2 saat ummi masak, kali ini bisa diapresiasi sebagai bentuk bantuan (tetep rusuh sih, tapi lumayan laah).


Melibatkan anak2 dalam kegiatan masak memasak bagi perfeksionis sepertiku bukan perkara mudah. Adakalanya bahan yg sudah ditakar berceceran, ada yg tumpah, ada yg salah masukin bahan, adakalanya rebutan peran, kebayang kan, hasrat pengen ngomel jadi terlecut, kadang keceplosan, tapi sekuat tenaga berusaha menahan diri. Begitulaaahh..anak2 belajar, sy juga belajar, ujungnya semua senang. Allaahu musta'aan.

Cuaca akhir2 ini panas, menandakan iklim mulai berganti menjadi kemarau. Cemilan yang seger dan Tifa pasti dosan pastilah eskrim, kl adeknya mah cuma heboh pas bikinnya aja, makannya belom tentu doyan. Padahal eskrim ini enaaakk, lembut dan rasa green tea nya terasa. Alhasil cepet banget habisnya, bahkan sebelum ayah sempet ngicip.


Resep matcha ice cream ini hasil praktek dari video di youtube yg jadi favorit kami. Salah satu food channel youtube yg sering ditonton adalah video dari Mr. Taro runnyrunny999 umumnya resepnya gampang dan enak, meski sering harus menyesuaikan dengan bahan2 yg halal. Saya bikin 2x lipat dari yg dibikin oleh runny san, itupun ternyata jadinya dikit, kurang banyak, karena emang enak sih.
Resep eskrim ini menggunakan kuning telur mentah sebagai penstabil dan pelembut alami dalam eskrim. Jangan khawatir telurnya ga matang, karena adonan telur kan dituangi dengan susu panas, jadi panas itu yg akan mematangkan telur. Catatan dr sy, pastikan telur yg dipakai adalah telur baru, bukan telur yg sudah beberapa hari. Hal ini untuk menjaga telur masih segar sehingga terhindar dari tumbuhnya bakteri yg bisa mengganggu pencernaan. cmiiw :)
Oiya, saat pembuatan ini, kebetulan stok gula pasir sedang menipis dan kurang dari yg dibutuhkan resep. Males banget kalo harus keluar ke warung buat beli gula, jadi kami gunakan yg ada saja, dan Alhamdulillaah..ternyata sudah pas manisnya buat kami.


Matcha (green tea) Ice cream
recipe by runnyrunny999 dengan porsi yg sudah disesuaikan

Bahan :
200 ml Susu Cair putih
50 gr gula pasir (25 gr + 25 gr ). (resep asli menggunakan 80 gr gula pasir)
2 kuning telur
2 sdm green tea powder (matcha)
1/4 sdt vanila bubuk (resep asli menggunakan 1 sdt ekstrak vanila)
200 ml whipping cream (sy pakai 50 gr bubuk whipping cream + susu dingin hingga menjadi 200 ml)
20 gr gula pasir

Cara membuat :
1.  Kocok lepas kuning telur menggunakan whisker, masukkan setengah takar gula pasir, aduk rata.
2. Masukkan matcha dan aduk rata hingga menjadi pasta. Sisihkan
3. Panaskan susu dengan api sedang, masukkan setengah takar sisa gula pasir kedalamnya. Aduk rata hingga susu panas (bagian pinggirnya ada gelembung kecil, tapi tidak sampai mendidih)
4. Angkat dan dalam keadaan panas, tuang dalam pasta matcha, Aduk rata \
5. Siapkan mangkok berisi air es dan beberapa potong es batu. Letakkan mangkok berisi adonan susu didalamnya (jangan sampai air esnya masuk dalam mangkok susu yaa)
6. Sementara itu, dinginkan mangkok, pengocok dr mikser dan whip krim dalam frezer selama 5 menit (atau bisa juga mendinginkan seperti cara pada poin 5 diatas). Tuang whipping cream dan gula dalam mangkok lalu kocok hingga kaku
7. Masukkan campuran susu ke dalam kocokan whipping cream. aduk rata
8. Tuang dalam wadah, ratakan, tutup lalu bekukan dalam freezer
9. Setelah 1 jam, aduk2 adonan eskrim secara merata, tutup lalu bekukan lagi. Ulangi prosesnya sebanyak minimal 3 kali. Makin sering diaduk, teksturnya makin bagus. Lalu diamkan selama semalaman
10. Siap disajikan dengan topping sesukanya.




No comments:

Post a Comment