Tuesday, October 29, 2013

Dendeng Ragi

Bismillah...

Fiuuu..banyaaaaaak PR, foto2 menumpuk, ngantri buat di posting. yoshh..yoshh..yoshh..semangaaaattt #sambil mungutin serpihan semangat yang berceceran :D
Pasca idul adha beberapa waktu lalu, dapat bagian daging sapi banyaaaakkk!! saking banyaknya sampek bingung mo diapain aja, ga nyiapin rencana masak aneka olahan daging euyy!! alhasil setelah dibersihkan, ngambil dikit buat Soto Padang. Sisanya masukin kantong kresek (saking wadah ga ada yang muat), lalu dijejalkan ke freezer. hahah..bereess..liat soto padang sepanci gede bikin mblenger. eee..ndilalah sorenya tetangga ngundang buat bakar sate bareng2, ada sate kambing, ada sate sapi. yasud deh, ikoooottt, rejeki pantang ditolak yah! :D
jadilah, tambah males ma perdagingan, pengen makan sayur sop ajaaaa!! jadi 4 harian gitu daging masih ngendon di freezer, sehari2 kami makan pake sayuran lauk tahu tempe, duuhh..nikmat beneeerrrr :)
salah satu yang aku anggap kesalahan adalah, daging itu ga aku pisah2in, semuanya satu kantong *hiks
berhubung setelah di thawing daging tidak baik untuk dibekukan lagi, jadilah, masak dagingnya emang harus nunggu weekend, agar ada yang bantuin jaga anak-anak (baca : ayah). Jadi ada waktu juga buat mikir dan ngelist olahan daging yang kira2 pasti laku dan bisa disimpan di freezer buat stok lauk :)

Daging sudah dikeluarkan dari freezer dan dipindah ke refrigerator jumat malam, sabtu paginya dikeluarkan di suhu ruang. Menatap nanar gundukan daging itu, sejenak menghela nafas lalu bismilah, perjuangan dimulaiiiii!! parade olahan daging segera dimulai! dan..pilihan pertama jatuh pada dendeng ragi.
Jaman kecil dulu, inget banget, nenek sering bikin dendeng ragi. rasanyaaaa...olalaa..nikmatnyaaa, terekam indah di memoriku. Kangen banget ma masakan beliau. Resep dendeng ragi ini sy peroleh dari grup fb. Thanks tu umi jidah atas resepnya, sy utik sedikiit ya, coba2 semoga rasanya mendekati dendeng bikinan mbah. dan ternyata, emang nikmat lho, sudah mirip dengan apa yg dimasak mbah dulu. Awal2 mateng, tifa sukkaaaa pake banget, makanpun ga mau ma nasi, maunya makan ini aja (tumben2an dia bisa makan daging banyak).


Bahan: 
700 gram daging has (atau apa aja, yang cepet empuk dan tidak berotot, misalnya bagian paha)
1 butir kelapa setengah tua, parut kasar

bumbu halus :
15 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 sdt ketumbar
125 gm gula merah

3 sdt munjung garam
1 sdm gula pasir

Tambahan :
1 sdt air asam pekat
5 lembar daun salam
2 ruas lengkuas keprek

Cara membuatnya:
1. Potong daging tipis sesuai selera

2. Bagi menjadi 2 bumbu halus, setengahnya campurkan ke dalam kelapa parut dan aduk sampai merata , sisihkan. Sisa bumbu halus campurkan ke daging, aduk rata , tambahkan daun salam , lengkuas dan air asam.
3. Masak daging hingga bumbu meresap, tambahkan air panas secukupnya , masak sampai setengah lunak dan air tinggal sedikit.
4. Masukkan kelapa parut yg telah diberi bumbu, ratakan diatas daging , masak kembali sambil diaduk-aduk sampai air mengering. Cicipi rasanya, tambahkan gula atau garam jika dirasa perlu
5. Aduk rata sampai kelapa menguning,, kalau daging sudah lunak pisahkan dari kelapa, angkat dan teruskan masak kelapa sampai benar2 kering. (sy ga pakai tahap ini, daging beserta kelapa sy masak bersama sambil diaduk terus hingga mengering dan warnanya coklat tua)


masih berderet olahan daging dari perayaan idul adha tahun ini, tunggu yang berikutnya yah! :D

No comments:

Post a Comment