Saturday, September 28, 2013

Cerita di balik Cheese Banana Cake

Bismillah...

Alhamdulillah, bisa meluangkan waktu untuk memperbarui blog di tengah kesibukan mengelola rumah :)
Sebenarnya cake ini sudah dibuat beberapa hari lalu (atau minggu ya), sampai lupa dan PR menumpuuukkk *sigh :). Cake ini sy bikin dalam rangka terkompori mamah Juliani yang sudah bikin berbulan lalu, lama ngendon di pikiran karena emang jarang ada pisang nganggur di rumah, ga perlu dibikin kue pun sudah laku. Nahhh...karena saking pengennya bikin banana cake, akhirnya membulatkan tekad dengan beli pisang yang buanyaaakk. dan bener lho, cake ini wenaaakkk, dan pastinya Tifa suka *jarang2 dia bisa makan cake banyak* hingga akhirnya saya bikin sampai dua kali.

Banana cake edisi kedua sy bikin sebagai project bersama Tifa. Yup, dalam rangka menanamkan kecintaan pada masak memasak, sy meng-agenda-kan waktu khusus untuk masak bersama Tifa. Alhamdulillah pas bikin ini adiknya bisa tidur pulas lumayan lama, hingga ke-heboh-an di dapur masih aman terkendali :)
Dalam pembuatan cake, ada beberapa tahapan, sederhana sih, tapi berdereeeeettt. Nah, tugas Tifa melakukan pekerjaan pekerjaan sederhana seperti mengayak tepung, memarut keju *yang tidak mengancam kegagalan kue dan yang sesukanya dia (artinya kalo capek ya balik ummi lagi yang handle)*
diantara pekerjaan sederhana itu, yang paliiing membuatku seneng adalah hobinya mencuci. hihi.. baskom, kocokan, mangkok, sendok dan aneka rupa perkakas kotor akan dengan senang hati dicucinya, bersihh lho, dan sy tidak membilasnya lagi. Ini sebagai bentuk kepercayaan sy kepadanya, dan apresiasi atas kerja kerasnya. Alhamdulillah :) Kelar bikin kue, kelaparan, langsung melahap ayam goreng. Setelah itu, lanjut uthek nyuciin sandal dan sepatu. fiuuu..


Kembali lagi ke banana Cake ya. Cake ini hasil nyontek dari blog teh Ricke, tapi saya modifikasi sedemikian rupa sehingga *semoga* lebih sehat dan nutrisinya lebih padat merayap :D
yep, tepung terigu dalam resep setengahnya sy substitusi dengan havermout, gula pasir sy ganti dengan gula semut (gula palem) organik, margarin sy ganti sebagiannya dengan mentega, sy tidak pakai cake emulsifier, baking powder maupun baking soda. dan sy juga menambahkan kismis.


Melewatkan penggunaan cake emulsifier dalam hal ini tidak berpengaruh pada adonan, hanya akan membutuhkan waktu pengocokan lebih lama dibandingkan jika menggunakannya. Dengan menggunakan mikser kapasitas kecil, sy membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menghasilkan adonan jambul petruk. Tentunya jenis mikser akan berpengaruh dalam hal ini. Sedangkan penggunaan baking powder dan baking soda akan memberi pengaruh pada tekstur cake, karena sy tidak pakai keduanya, cake sy ini bagian dalamnya cenderung basah dan tidak terlalu mengembang heboh (beda dengan bantat ya). Tapi dari segi rasa tetap terasa nyus dan moist, semua konsumen bilang enak :)
mau pakai ataupun tidak, monggo kerso pemirsa yaa :)

Hmm..baunya aja dah nikmat bangeeettt, jadi ga pake nunggu dingin langsunga aj dipotong :)
 
Cheese Banana Cake
Adapted from Teh Ri
cke, modified by me

Bahan:
300 gram pisang yang matang sekali (ambon/cavendish)
100 ml yogurt tawar kental

110 gr Havermout (bisa pakai oat instan, haluskan dengan blender)
110 gram terigu protein sedang
1 sdt baking powder (aku ga pake)
1/2 sdt soda kue (aku ga pake)
1/4 sdt garam
5 butir telur ukuran besar
1 sdt cake emulsifier (aku ga pake)
100 gram gula palem/gula semut
1/2 sdt essence vanilla
100 gr mentega + 50 gram margarin, lelehkan dan dinginkan
100 gram keju cheddar parut
segenggam kismis, balur dengan tepung terigu agar saat matang tidak mengendap di dasar kue

Cara membuat:
1. Siapkan loyang (aku pake loyang loaf), olesi margarin dan taburi terigu tipis-tipis. Sisihkan.
2. Panaskan oven 160'C.
3. Campur dan ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Sisihkan.
4. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang, kental dan putih (sudah kaku membentuk jambul petruk). Tambahkan essence vanilla. Kocok rata.
5. Sambil menunggu adonan mengembang, haluskan pisang dengan menggunakan garpu, campur dengan yogurt kental. Aduk rata.
6. Masukkan campuran pisang sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur sambil dikocok perlahan dengan mixer kecepatan rendah (speed 1).
7. Masukkan mentega leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik dengan spatula.
8. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk balik dengan spatula. Jika setelah selesai memasukkan terigu dirasa masih ada terigu yang belum tercampur, kocok rata dengan mixer kecepatan rendah (speed 1) Sebentar saja, jangan overmix.
9. Masukkan keju cheddar parut dan kismis. Aduk rata dengan spatula.
10. Masukkan ke dalam loyang, beri taburan keju parut jika suka. Panggang hingga matang dan kecoklatan sekitar 45-60 menit. Test tusuk.
11. Potong-potong dan sajikan.

No comments:

Post a Comment