Thursday, March 15, 2012

Sambal Tumpang Khas Kediri

Bismillah...

ini ceritanya lagi berkhayal malam2 nyangkruk di Jl. Dhoho -Kediri- sambil lesehan di lapak-lapak pecel tumpang yg bertebaran di sepanjang jalan itu. aahhhh...jadi pengen mudiiikkk^^


eits, saya bukan orang kediri yaaa, tapi sempat 3 tahun sekolah disana. Jadi lumayan mengenal dengan baik kota Kediri, daaannn..Alhamdulillah suami dari kediri, jadi yaaa...selera lidah kami ga jauh beda, termasuk urusan sambal tumpang ini. Kalo beliao sukanya tumpang gini aja, kalo saya lebih suka dicampur dengan sambal pecel. wuihh..nikmeeehhhhh ^^







Ini adalah tumpang pertama saya, yaaa...karena di tempat sy dibesarkan ga ada tumpang, jadi ga tau sama sekali gimana masaknya. Kesan pertama, beuhhhh...ini tempe baunyaaaaa...ga uwenaaaakkk, mpe mengundang lalat. Jadi ga yakin, bener ga nih bisa jadi makanan enak, tp karena suami yg rekues, yawda lah..dicoba aja.


Percobaan pertama bikin sambal tumpang (dari foto2 diatas), hasilnya masih kurang memuaskan, tidak seperti sambel tumpang yang aku kenal, jadi males bikin lagi. hehe. Lebih dari setahun setelahnya, aku nyoba bikin lagi, tentunya resep semula dan ada masukan2 dari beberapa temen yang asli dari kediri. Alhamdulillah percobaan kedua bikin sambel tumpang berhasil, yeaaayyy!!!


Dalam rangka menebus kesalahanku yang telah memposting resep yang kurang sip dulu. Kali ini, aku bikin tumpang dengan penampilan yg tidak biasa. Sekalian dalam rangka ngedit resep, biar tidak semakin menyesatkan banyak orang *halah*. yup! berhubung tema monthly event Pawon Ibu bulan ini adalah bento, yaaa..makanan sederhana namun lezatos ini pun disulap biar layak disebut bento lalu bisa disetorkan deh *gak mau repot.




berikut resep hasil utak atik sambel tumpang ala saya :

150 gr tempe (sy padukan tempe bosok/semangit dengan tempe waras, takaran sesuai selera, kalo ini sy pake perbandingan 1:1)
3 buah cabe merah besar, buang bijinya
5 buah cabe merah keriting
3 buah cabe rawit
4 siung bawang putih
6 buah bawang merah
3 lembar daun jeruk
0,5 cm kencur
2 cm lengkuas
2 lembar daun salam
1 sdt gula, 1 sdt garam (kira2 yaa..bisa ditambah/dikurang agar pas)
1 genggam (50 gr) udang rebon
santan (aku pake santan instan kurleh 50 ml-an)
air
larutan maizena

cara mengolah:
1. bungkus tempe, bawang2an dan cabe dalam daun pisang, ikat lalu rebus hingga matang
2. haluskan tempe. haluskan rebusan bumbu dengan gulgar, kencur, daun jeruk
3. masak bersama semua bumbu dengan air secukupnya hingga matang
4. masukkan santan, masak hingga mendidih
5. kentalkan dg larutan maizena


Sayuran (bisa apa aja sih):
Kangkung, petiki, rebus
Kenikir, rebus
Kacang panjang, rebus
Taoge, Rebus


Pelengkap :

Rempeyek/kerupuk puli
Tahu
Tempe

2 comments:

  1. Peni Tri WuryaningsihAugust 26, 2013 at 8:15 PM

    Aslmkm, ayo pulang k kediri, aurora rusmanicke. Smg namanya bener yaa... seingat bu peni begitu sih... N smg masih ingat b peni smada yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wa Rahmat Allah

      bu peniiiiiii...masih inget bu, bu peni masih inget juga dengan saya. hihihi *terharuuuu
      jarang pulang ke kediri bu, palingan setahun 2-3 kali

      Delete