Friday, November 29, 2013

Potato Gratin with mushroom

Bismillah..

Waw, akhirnya update blog lagi setelah beberapa lama dianggurin. Yup, sejak kejadian terbongkarnya pencurian foto sy oleh orang yg sy kenal, fiuu..jadi males mo upload dan nyatat2 resep. Ya..ya..ya..semoga dengan kejadian ini bisa lebih menyadarkan sy untuk lebih berhati-hati, para food blogger tentu paham betapa repotnya menyiapkan postingan foto dan resep ditengah kesibukan mengurus rumah. Terlebih bagi ibu dengan bayi dan balita super aktif plus tanpa asisten seperti sy. aishh..jadi curcol. maap yaa...^_^

Menu ini sy hidangkan untuk sarapan tadi pagi, cukup simpel cara pembuatannya, dan pastinya enaaakkk pake banget! suami dan anak-anak suka. Resepnya adalah hasil dari kegemaran nonton youtube bareng Tifa, hihihi..awalnya memang kami suka dengan Japanese Food, iseng2 nonton video tukang masak amatiran di runnyrunny999, ee nyobaain beberapa resepnya ternyata cocok. Salah satunya adalah menu ini. Dalam video aslinya, menu ini dinamakan Potato & Meat.


Pada resep aslinya, daging yang digunakan adalah bacon (dalam hal ini babi). Sebagai ga gantinya, sy gunakan daging ayam. Begitupula dengan kaldu, karena sy tidak punya stok kaldu (sapi atau ayam), pun dengan kaldu bubuk. Sehingga sy gunakan dashi sebagai pengganti kaldu tersebut. Substitusi bahan juga terjadi pada penggunaan jamur, resep aslinya menggunakan enoki dan shimenji, berhubung yg ada di kulkas hanya jamur champignon, Jadi tidak ada pilihan selain menggunakan apa yg ada. Well, hasilnya, enak banget kok. dan akhirnya hari ini pun bikin potato gratin lagi, tapi karena ga punya jamur, akhirnya sy pakai fussili. Sy tambahkan pula keju cheddar serta oregano (jadi Mac and Cheese deh) :)



Potato Gratin
adapted from runnyrunny999 (youtube)

bahan :
150 gr kentang, kupas, cuci dalam air mengalir, iris tipis2 (sekitar 2 mm), rendam dalam air selama kurang lebih 5 menit untuk menghilangkan kanjinya (starch)
80 gr jamur enoki
80 gr jamur shimeji
100-150 gr daging ayam, potong kotak
150 ml susu plain
50 ml air ditambah dengan 1 sdt dashi powder (kalau ada kaldu ayam bisa digunakan)
1/4 sdt merica hitam, haluskan
1 sdm tepung terigu
Keju Mozarella sesuai selera

How to :
1. Tiriskan kentang lalu keringkan dengan kitchen towel. Panaskan sedikit minyak pada wajan anti lengket, lalu masak kentang hingga agak kering dan berwarna kecoklatan pada kedua sisinya. Angkat, dan tiriskan minyaknya pada kitchen towel
2. Panaskan butter, tumis daging ayam hingga berubah warna dan berminyak. Lalu masukkan jamur, tumis hingga layu
3. Matikan api (atau bisa juga gunakan api kecil), masukkan tepung terigu, aduk hingga rata dan terigu matang. Masukkan susu cair lalu nyalakan api lagi dan masak hingga mengental
4. Masukkan larutan dashi dan merica bubuk, masak hingga mengental. Matikan api
5. Siapkan pinggan tahan panas. Tata didalamnya secara berurutan : olahan jamur, keju mozarella, kentang, lalu tutup lagi dengan keju mozarella.
6. Panggang dengan api atas bawah hingga matang dan kecoklatan (sy butuh waktu 20 menit dengan suhu 200 deg, lanjut dengan api atas 10 menit)


Hmmm...soooooo yummeeeeehhhhh ^_^

No comments:

Post a Comment